Cara Mengatasi Akun Google Lupa Kata Sandi: Metode Email Pemulihan

Lupa password Gmail sering dialami pengguna akun Google. Karena memang kerap kali kita mengabaikan kata sandi yang sangat penting ini untuk dicatat atau diingat. Bagaimana cara mengatasinya? mudah saja jika kita penuhin syaratnya.

Cara antisipasi agar akun Gmail kamu tetap aman adalah dengan mengisi dan selalu update opsi pemulihan akun Google. Ketika kamu ganti nomor telepon, sebaiknya harus mengganti no ponsel pemulihan dengan nomor yang baru pula.

Saat daftar atau membuat akun Gmail baru kamu harus masukkan email pemulihan, baik itu dari Gmail yang lain atau Yahoo mail (Ymail). Yang penting email valid dan bisa akses ke email tersebut secara terus menerus.
lupa kata sandi akun google gmail
Nah, tutorial ini membahas tentang cara ubah sandi Gmail dengan email pemulihan. Karena masih banyak yang belum tahu apa fungsi email pemulihan (recovery email) maka saya akan sedikit tentang pengertiannya.

Manfaat Alamat Email Pemulihan di Akun Google


Email pemulihan adalah email yang dikaitkan dengan akun Google mail yang berguna untuk reset password email Gmail ketika lupa kata sandi. Mungkin ini lebih aman dibandingkan no ponsel pemulihan, apalagi yang suka gonta ganti nomor hp sebagai cara memulihkan akun Gmail.

Asalkan kamu selalu ingat kata sandi email pemulihan tersebut, lalu solusi untuk memecahkan masalah lupa kata sandi Gmail akan terasa mudah sehingga dapat mengembalikan akses masuk ke akun lagi. Tanpa harus menjawab pertanyaan pemulihan dari sistem Google yang kadang membingungkan.

Biasanya pertanyaan Google seperti: kapan kita buat email baru (tanggal, bulan dan tahun), alamat email yang sering dihubungi, kapan terakhir masuk ke akun dan sebagainnya.

Sejatinya Google menjaga privasi akun kamu dengan ketat dan aman bukan malah mempersulit kok. Karena mungkin masih banyak yang mengabaikan fungsi email pemulihan ini. Sehingga hal ini baru terasa ketika lupa password Gmail lalu ingin ganti sandi Gmail atau akun Google terkunci.

Sekarang juga! apabila akun Google kamu belum dibubuhkan email pemulihan, saya sarankan untuk menambahkan ini pada setelan Akun Google. Baca lebih lanjut jika memang tidak paham tentang cara edit atau setting email pemulihan akun Google.

Langkah - Langkah Cara Mengatasi Akun Google Lupa kata sandi Gmail:


1. Buka tautan halaman masuk akun Google berikut boleh lewat aplikasi browser hp atau laptop, lalu masukkan email Gmail yang akan di reset password: gmail.com

lupa kata sandi akun google

2. Kemudian kamu akan dirahakan pada laman berikutnya, nah karena kan lupa kata sandi akun Google maka langsung saja Pilih Lupa sandi?
lupa kata sandi akun google

3. Jika kamu masih ingat kata sandi yang pernah digunakan sebelumnya masukkan saja. Setelah itu lanjutkan dengan memilih "Berikutnya"
lupa kata sandi akun google
4. Nah, setelah muncul laman untuk mengisi Email Pemulihan dengan bantuan 3 huruf seperti contoh ini kus******@gmail.com. Isikan pada kolom entah Gmail yang lain atau mungkin Yahoo yang kamu gunakan sebagai recovery email. Kalau sudah pilih tombol "Kirim"
lupa kata sandi akun google
5. Cek email masuk yang digunakan untuk Email Pemulihan lalu temukan 6 digit kode, kemudian masukkan kode verifikasi. Pilih "Berikutnya"
lupa kata sandi akun google

6. Dengan demikian kamu akan diarahkan ke halaman Setel ulang sandi untuk membuat kata sandi akun Google baru. Pada tahap ini kamu diharuskan memasukkan Sandi baru dan Masukkan lagi sandi baru
lupa kata sandi akun google
9. Done

Sekian cara mengatasi akun Google yang lupa kata sandi lewat email pemulihan. Panduan tersebut berhasil apabila kamu mengisikan recovery email saat membuat email baru atau menambahkan setelahnya.

Semoga dengan tutorial ini solusi lupa password Gmail kamu terpecahkan ya. Jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain jika mereka belum tau tentang info ini.

Update: Dari beberapa akun Google yang sudah saya coba hanya inilah yang sudah berhasil untuk mengganti password Gmail dengan email pemulihan. Perlu diingat juga kalau sudah mendapatkan kode verifikasi yang dikirim lewat email pemulihan belum pasti sukses merubahnya, mungkin saja Google meningkatkan sistem keamanan akun.

Coba juga! bila cara diatas masih belum berhasil: Metode pemulihan Akun Google melalui Playstore di Android dan cara memulihkan Akun Gmail dengan nomor telepon