Cara Mengirim Lamaran lewat Email Yang Baik dan Benar di Laptop

Ini adalah tata cara mengirim lamaran lewat email yang baik dan benar di laptop beserta contoh penulisan email secara formal. Mengirim email lewat Gmail sangat diperlukan ketika akan melakukan berbagai keperluan dengan surat elektronik. Entah itu untuk lamaran kerja, mengirim email kepada atasan dikantor, membalas email ke customer dan lainnya.

Contoh email resmi bahasa Indonesia ini mempunyai beberapa syarat dan ketentuan dalam penulisan nya. Apabila Anda tidak terbiasa menulis email dengan formal sebaiknya pahami pada penjelasan berikut ini sebelum lebih jauh mengikuti inti dari tema kali ini.


Jika Anda belum mempunyai e-mail, coba bikin email dulu dengan mengikuti panduan cara membuat email baru di Gmail dengan browser. Karena tutorial ini ada kaitannya dengan penggunaan akun Gmail dan lebih baik gunakan nama asli untuk mail address-nya.


Format dan Ketentuan Membuat Email Formal (Resmi)  

  • Pakai akun email dengan nama asli Anda, naan alamat email dengan nama asli bukan nama alay atau lainnya menandakan bahwa Anda adalah orang yang profesional. Atau jika urusan dengan pekerjaan gunakan alamat email dari perusahaan Anda.
  • Tulis judul surat atau Subjek email dengan singkat, padat, dan jelas. Dengan begitu akan memudahkan penerima untuk memahami isi surat secara keseluruhan.
  • Gunakan selalu salam pembuka, karena ini merupakan etika yang baik untuk kirim email resmi. Bisa menggunakan kata sapaan “Dengan Hormat” atau “Yang Terhormat” dan “Dear (sertakan nama penerima email)”.
  • Jangan gunakan istilah yang tidak umum untuk menghindari ketidak pahaman si penerima.
  • Perkenalkan diri Anda sebelum jauh membahas inti dari email dengan menuliskan nama lengkap, alamat, dan juga jelaskan tujuan secara terperinci sehingga pembaca akan segera menangkap manka apa dan bagaimana.
  • Jangan pelit untuk menuliskan kata ucapan “Terima kasih” karena ini akan menjadikan apresiasi kepada penerima email.
  • Pakai tatanan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Untuk membuat email resmi baik pada pembuka, inti surat, sampai penutup selalu gunakan grammar bahasa Indonesia yang benar.
  • Jangan menyingkat kata-kata dan sebisa mungkin hindari salah ketik serta tidak bertele-tele. Lakukan pengecekan sebelum benar-benar akan mengirim.


Contoh surat lamaran kerja


1Maret 2016
Nurshinta Vernilla Fitri Lutfiana
Jl Permata Jingga No 32 Bandung 
Telp 08124563920


Kepada, 
Adysta Dendi Karta
HRD PT Lancar Jaya Machinery Tbk. 
di Jl Kemayoran No 71 Jakarta Selatan 
Telp 021 5844389


Dengan hormat,

Menindak lanjuti pemberitahuan lowongan kerja dari surat kabar dan media online, dengan ini Saya bermaksud untuk bergabung dengan PT Lancar Jaya Machinery untuk posisi yang dibutuhkan sebagai Drafter di devisi Engineering. 

Dalam surat ini, Saya melampirkan beberapa berkas yaitu : 
1. Curriculum Vitae dan Surat Lamaran Pekerjaan
2. Scan KTP 
3. Ijazah dan Transkrip Nilai Akademik 
4. Sertifikat dan piagam
5. Contoh gambar kerja

Demikian surat yang Saya sampaikan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. 




Regards, 

Nurshinta Vernilla Fitri Lutfiana


Cara Mengirim Email Surat Lamaran Kerja


1. Buka mail.google.com kemudian login dengan email Anda dan kata sandi


2. Selanjutnya klik pada tombol “Tulis” atau “Write”


3. Tujuan email "Kepada" harus diisi dengan alamat email valid dan aktif. Jika tidak maka secara otomatis email tidak terkirim atau ada peringatan gagal. Ketikkan subjek email secara singkat dan jelas


4. Lalu tuliskan isi email resmi seperti pada contoh email atau mengikuti ketentuan diatas



5. Jika Anda ingin melampirkan dokumen atau foto, klik ikon klip "Lampirkan File". Bisa format file PDF, JPG, DWG, XLS, DOC, dlsb.


Catatan : maksimal lampiran pada Gmail adalah 25MB, usahakan jangan melebihi batas ukuran attachment email.

6. Setelah semua syarat lampiran lamaran kerja di upload. Tinggal klik tombol "Kirim"

Demikian cara mengirim email lewat Gmail dengan contoh surat lamaran kerja via email yang baik dan benar memakai bahasa Indonesia yang saya share di blog tutorial buat akun ini. Semoga bermanfaat...!