Selasa, 10 Mei 2016

Bagaimana Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah Akun Yahoo

Kenapa kok ingin mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun Yahoo? Simpel aja jawabnya, pasti Anda mengharapkan perlindungan berlapis pada email Yahoo kan. Inilah salah satu cara yang digunakan untuk menghambat orang membobol kata sandi Yahoo mail.

Kalau Anda menemukan artikel ini dan mengikuti panduan bagaimana caranya mengaktifkan verifikasi 2 langkah Yahoo, berarti Anda adalah termasuk orang yang sangat protektif dan peduli terhadap keamanan akun email.

Memang banyak tutorial dari teman-teman blogger yang mempublish artikel seperti ini bahkan di halaman resmi bantuan Yahoo Indonesia sudah dijelaskan.


Tapi saya mencoba mengulas dengan tatanan yang sedikit beda serta melalui tahapan yang lebih simpel dengan langkah-langkah mudah disertai screenshot interface Yahoo terbaru.

Meski hanya lewat HP saja, sudah bisa kok untuk cara setting verifikasi 2 langkah pada Yahoo!.

Verifikasi 2 langkah Yahoo banyak diterapkan pada akun yang tersinkron dengan data penting untuk mencegah peretas akun. Seperti untuk transaksi keuangan e-bangking, penghasilan iklan Yahoo, Yahoo finansial dan lainnya.

Sedikit menilik kebelakang, sejarah kapan verifikasi 2 langkah ini ditambahkan pada layanan Yahoo. Setelah membaca dari beberapa sumber bahwa Yahoo mulai menerapkan fitur tersebut sejak tahun 2012.

Fitur ini mengadopsi autentikasi 2 faktor akun Google. Baca referensi : Apa itu autentikasi 2 faktor Google dan gimana cara aktifkan?

Mengaktifkan verifikasi 2 langkah email Yahoo sangat membantu proteksi akun, karena apabila orang lain mencoba mendapatkan password email kita dan dia berhasil, tetap saja dia memerlukan nomor HP kita saat ingin masuk email.

Gimana tingkat keamanan jauh lebih baik gak?

Panduan Aktifkan Verifikasi 2 Langkah Akun Yahoo Lewat PC dan HP


Setelah memahami seberapa penting, fungsi serta manfaat fitur ini pada penjelasan di atas, coba ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyetel verifikasi 2 langkah di Yahoo.

Step 1 :
Buka ymail.com lewat PC atau HP lalu masukkan alamat email dan kata sandi akun Yahoo Anda

halaman masuk yahoo indonesia

Step 2 :
Setelah berhasil masuk email, coba lihat! “ikon roda gigi” pada pojok kanan atas dashboard email Anda. Klik pada tombol tersebut lalu pilih “Data Account”

dashboard email yahoo verifikasi 2 langkah

Step 3 :
Kemudian akan keluar tampilan halaman setelan akun Yahoo. Lalu masuk pada tab “Keamanan account” masukkan kembali kata sandi

lupa kata sandi verifikasi 2 langkah

Step 4 :
Nah disinilah beberapa settingan akun dapat kita lakukan : Apa saja ? Baca diantaranya: Menambahkan nomor telepon dan email pemulihan akun, Mengganti password Yahoo, untuk setting verifikasi 2 langkah langsung saja pilih “tombol” lihat gambar dibawah yang saya beri tanda anak panah

kemanan akun yahoo verifikasi dua langkah

Step 5 :
Setelah itu kita akan masuk pada “Masukkan nomor ponsel Anda” isi nomor telepon aktif yang digunakan untuk terima kode konfirmasi lewat SMS / Panggilan.

Nantinya berfungsi untuk menerima kode keamanan melalui SMS setiap kali Anda login melalui IP berbeda atau bukan komputer yang biasa Anda pakai. Pilih Kirim SMS

sms verifikasi 2 langkah

Step 6 :
Cek SMS yang masuk di dalam Handphone Anda, lalu masukkan 5 digit kode tersebut
kedalam kolom. Pilihlah tombol Verifikasi

kode verifkasi 2 langkah yahoo mail

Step 7 :
Setelah menyelesaikan proses diatas maka kita sudah berhasil mengaktifkan verifikasi dua langkah

cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun yahoo indonesia

Catatan: pada screenshot diatas beberapa aplikasi, seperti email ID Apple dan Outlook tidak mendukung sistem keamanan ini. Bila kita menggunakan aplikasi tersebut maka Yahoo akan membuat kata sandi sekali pakai khusus untuk Kita. Siapkan saja, dengan memilih “Buat kata sandi aplikasi” dan ikuti tahapan-tahapannya ya!.

Penutup: Sekian ulasan cara aktifkan verifikasi 2 langkah akun Yahoo, Jangan lupa untuk setel ulang jika Anda ganti nomor hp atau segera menonaktifkan verifikasi 2 langkah Yahoo mail bila handphone Anda hilang.
Komentar baru tidak diizinkan.