Iklan

Cara Upload File Di Google Drive Lewat Hp Tanpa Aplikasi

Suka bingung! Bagaimana cara upload file di Google Drive lewat Hp Android tanpa aplikasi. Drive dari Google ini digunakan untuk penyimpanan dengan basis cloud server dan gratis.

Sekarang bukan jamannya lagi menyimpan file penting secara jadul di memory card, flashdisk atau harddisk PC.

Santai dan pahami di bawah ini fungsi, kelebihan menggunakan Drive sebelum masuk ke inti artikel.

Keuntungan Menggunakan Google Drive di Android


-File di dalam Google Drive selalu aman

Dengan penyimpanan data online, file kita akan jauh lebih aman dibandingkan kita simpan di perangkat handphone Android, tablets atau PC komputer.

Kita tidak takut lagi kehilangan file penting sakalipun perangkat rusak atau hilang. Dengan catatan kita tidak lupa kata sandi Gmail dan alamat email.

-Google Drive dienkripsi dengan SSL (https)

SSL di Drive yaitu protokol keamanan untuk akses website dengan otomatis dialihkan ke https yang seperti diterapkan pada email Gmail, dan produk Google lain. Jadi tak perlu diragukan lagi tentang kemanannya, bisa mencegah hacking file di dalam Drive.

-Kelebihan lain ketika backup data ke Google Drive adalah mengurangi muatan memory telepon atau SD Card sehingga smartphone yang Anda gunakan benar-benar smart dan responsive (tidak lemot). Baca tips : cara mengatasi Android lemot tanpa aplikasi


Saatnya berevolusi ya, cara memasukkan file ke Google Drive sebenarnya ada 2 metode; dengan app yang harus di instal melalui Playstore dan tanpa aplikasi Drive melalui browser.

Tapi di artikel ini saya akan berikan cara unggah file ke Google Drive tanpa aplikasi. Mengapa? Karena untuk menggunakan Drive di Android sudah saya jelaskan pada postingan yang lain. Pahami kalau ingin tahu fitur apa saja di Google Drive?

Layanan penyimpanan online gratis ini bisa kita manfaatkan untuk unggah file / dokumen penting. Google Drive sendiri dapat menerima berbagai data file digital seperti foto, video, mp3, pdf, doc, dll.

Itulah fungsi Google Drive pada Android yang biasanya kalau kita beli Hp baru merupakan app bawaan.

Seringnya mengalami memory penyimpanan hampir penuh di Android kalau instal aplikasi. Dengan hal tersebut saya akan memberikan tips upload data tanpa aplikasi Google Drive. Toh penggunaannya cuman sesekali kan, jadi mending gak usah instal.

Cara Upload File Ke Google Drive Dengan Browser di HP


Sering halnya kalau ingin mengunggah / download file di Drive versi mobile agak susah untuk menemukan tombol lengkap, ikuti tips bagaimana caranya berikut ini.

Masuk drive.google.com menggunakan browser di Hp menuju tautan : laman masuk Drive
Lebih aman sebaiknya gunakan Chrome. Tapi kalau tidak ada pakai Mozilla firefox juga boleh.


Isikan alamat email dan kata sandi Gmail untuk mengakses Google Drive, Karena pada contoh ini saya asumsikan belum masuk akun gmail di browser Chrome.


Masuklah pada tombol menu Drive (tanda panah merah) lalu pilih “Versi Desktop”




Setelah itu akan keluar bashboard Drive versi komputer (desktop) kemudian untuk upload file pilihlah tombol Baru > Unggah File. perhatikan gambar


Kemudian akan keluar tindakan dari mana alamat file kita ambil, pada contoh ini saya akan mengupload foto jadi saya pilih Galeri di Android saya.


Lalu sentuh file foto yang akan di upload, dan tunggu sampai proses upload selesai dengan melihat status di halaman Google Drive terletak di kanan bawah layar hp Anda


Kesimpulan dari panduan ini adalah ketika kita tidak mengakses situs dengan versi mobile, banyak fitur – fitur yang dimatikan. Jadi cari tombol minta versi desktop untuk menemukan fitur lengkap sesuai tampilan di PC. Ini tidak bisa berlaku untuk Google Drive saja tapi bisa difungsikan untuk yang lain.

Share link : cara mengirim file lewat Google Drive Android

Beberapa Keterangan Tombol di Google Drive: 


A. Baru : Menambahkan file baru yang akan tersimpan di Drive
> Drive Saya : Data apa saja yang pernah disimpan pada Google Drive
B. Dibagikan dengan saya : Histori share atau file yang telah dibagikan orang lain kepada Anda
C. Foto Google : Foto yang tersinkron otomatis di perangkat Android
D. Terbaru : File / data yang paling sering dibuka
E. Berbintang : Beberapa data yang pernah diberi tanda bintang atau penting
F. Sampah : File yang sudah di hapus pada akun Google Drive

Sekian dulu cara upload file foto ke Google Drive lewat Hp Android. Caranya sama untuk memasukkan data lain selain foto bisa video, dokumen yang nantinya bisa digunakan untuk lampiran email Gmail. Tanpa harus upload lagi, gimana lebih efisien kan.! Terima kasih telah membaca dan mengikuti.