Senin, 15 Agustus 2016

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Semua Merk

Hai bro/sist, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang cara menghapus aplikasi bawaan Android semua merk yang selalu dibekalkan vendor smartphone Android dalam produknya.

Alasan, mengapa vendor smartphone Android Samsung, Xiaomi, Lenovo dll selalu memasang aplikasi bawaan (bloatware) dalam produknya?

Itu syarat wajib bagi vendor smartphone yang menggunakan OS Android dari sang pemilik yaitu Google yang menggratiskannya.

Tapi terkadang aplikasi bawaan tersebut tidak begitu penting untuk kebutuhan kita bahkan membuat kinerja sistem Android menjadi lemot karena memenuhi memory penyimpanan internal Android.

Kalau sudah begitu apa Anda masih tetap mempertahankan aplikasi bawaan android? pastinya tidak kan.
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Di Android
Nah apabila Anda ingin mengetahui bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Android bisa mengikuti cara yang sudah saya pakai dibawah ini.

Untuk menghapus aplikasi di Android bawaan itu bisa di bilang mudah dan bisa juga dibilang tidak mudah karena untuk menghapus secara permanen bloatware tersebut harus root Hp dulu.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root


Bagi yang memiliki Hp Android belum diroot dan tidak ingin me-root hapenya, Anda tidak bisa menghapus Aplikasi bawaan Android tetapi bisa mengikuti alternatifnya yaitu cara menonaktifkan aplikasi bawaan Android.

Dengan cara menonaktifkan aplikasi Android bawaan maka aplikasi tersebut juga tidak akan memberatkan kinerja sistem serta Anda tetap memiliki garansi resmi, berikut langkah-langkahnya:

Pertama buka Setelan/Settings Android lalu tab menu Aplikasi/Apps


menghapus bloatware tanpa root

Kemudian geser ke menu Semua/All scroll kebawah untuk memilih aplikasi bawaan yang ingin dihapus, jika sudah tab menu aplikasi 


menghapus aplikasi bawaan

Selanjutnya sentuh tombol Nonaktifkan yang ada di sampin kanan atas

cara menghapus aplikasi bawaan samsung tanpa root

Setelah itu akan ada peringatan “jika Anda menonaktifkan aplikasi Android yang tertanam, aplikasi lain mungkin akan mengalami kesalahan fungsi” abaikan dan tab tombol OK


cara uninstal aplikasi bawaan android

Selesai, sekarang aplikasi bawaan telah berhasil di nonaktifkan dari perangkat Android Anda.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Setelah di Root


Tapi bila Hp Android sudah di root maka Anda dapat dengan mudah menghilangkan bloatware Android tersebut.

Saya sudah buktikan di Hp Lenovo teman saya karena kebetulan teman saya memiliki Hp Android Lenovo yang di root dengan aplikasi Kingroot.

Berikut cara menghapus aplikasi bawaan android Lenovo yang sudah di root:

Buka aplikasi KingRoot di Android lalu tab tombol Copot bloatware


menghapus aplikasi bawaan andromax c

Scroll kebawah untuk memilih aplikasi bawaan Android yang ingin dihapus, jika sudah tab untuk beri tanda ckecklist pada aplikasi tersebut (lihat gambar dibawah)

cara menghapus aplikasi android yg tidak bisa dihapus

Kemudian akan ada peringatan “Menghapus sistem aplikasi dapat menyebabkan sistem tidak stabil, silahkan melanjutkan dengan hati-hati” abaikan pilih tombol Copot


cara menghapus aplikasi android bawaan pabrik tanpa root

Selesai, sekarang aplikasi bawaan berhasil terhapus dari perangkat Android yang sudah di root dengan aplikasi KingRoot.

Bagaimana bro/sist, mudah bukan cara menonaktifkan / menghapus aplikasi bawaan Android dengan dan tanpa root terlebih dahulu. Tapi sebaiknya pertimbangkan dulu sebelum hapus aplikasi tersebut karena setelah terhapus maka selamanya tidak bisa muncul kembali. Sekian!!