5 Aplikasi Seru Untuk Traveler Indonesia Yang Wajib di Download

Sebagai traveler Indonesia yang pemula pastinya kalian bakalan mencari banyak referensi aplikasi apa saja yang wajib di download. Jika kamu termasuk hobi banget dengan yang namanya wisata kali ini saya akan berbagi review aplikasi gratis untuk mendukung liburan seru.

Karena banyaknya aplikasi yang kurang baik di Google Play Store sebagai user tentunya harus cerdas dong apalagi termasuk memang masih baru dalam dunia travelling.
aplikasi untuk traveller indonesia
Pernah gak install aplikasi Android yang ujung-ujungnya cuman berisi guide (panduan) padahal saat itu kamu pengen aplikasi aslinya. Fenomena itu tidak dapat kita elakkan karena pengembang aplikasi seperti ini juga berharap mencari keuntungan dari hasil iklan AdMob.

Nah, agar tidak salah pilih dan hanya buang-buang kuota internet sebaiknya kalian simak review aplikasi pendukung travel yang sebagian darinya sudah pernah saya pakai saat wisata bareng temen.

5 Aplikasi Seru Untuk Traveller Indonesia Yang Wajib di Download


Waze - GPS, Peta & Lalulintas


Waze adalah aplikasi wisata pertama yang wajib kamu pasang lewat hp Android atau iPhone. Karena aplikasi tersebut seperti sosial media yang mampu menunjukkan lalu lintas secara live di sekitar kita.

Kenapa dibilang live? karena dari pengguna Waze lainnya dapat memberi info saat itu juga tentang kemacetan, melaporkan lokasi kecelakaan, lokasi pom terdekat dalam perjalanan kamu, razia polisi, penutupan jalan dan lainnya.
Jika kamu berwisata dengan kendaraan pribadi, Waze merupakan aplikasi yang pas banget untuk di download. Demi untuk menghemat BBM tidak mau kan kita muter balik yang harus menempuh jarak yang jauh. Dan enaknya lagi dalam aplikasi Waze terdapat fitur harga BBM dari SPBU terdekat dari lokasi kamu, meskipun harga rata-rata sama kalau di Indonesia.

Kelemahan aplikasi ini jika pengguna mengaktifkan GPS maka batere smartphone akan cepat habis. Siapkan powerbank sebelum berangkat atau aktifkan GPS sesekali saja jika memang tersesat tak tau arah jalan pulang.
aplikasi android untuk perjalanan jauh

Kekurangan lainnya Waze tidak bisa membedakan mana jalan yang bisa di lewati mobil dan motor. tapi it's ok lah.! tergantung pinter-pinternya kita sebagai pengguna.

Pengguna juga dapat mengupload foto kejadian di jalan secara real-time dari fitur kamera Waze untuk memberitahu pengguna lainnya, gimana seru kan?

Google Translate


Aplikasi yang kedua ini merupakan penerjemah bahasa, hal ini sangat cocok jika kita ingin berwisata ke luar negeri. Misalnya kamu berencana liburan wisata ke Tokyo apakah kamu harus kursus bahasa Jepang dulu, gak mungkin kan?

Dan pastinya kita tidak selalu bersama pemandu wisata terus, apa tak ingin menjajal berkomunikasi dengan penduduk sekitar. Entah hanya menanyakan harga jika ingin membeli makanan, oleh-oleh, atau menanyakan lokasi. Dengan begitu Google Translate adalah aplikasi yang wajib kamu download.

Pakai bantuan Google Voice, hanya mendekatkan mulut ke smartphone lalu mengucapkan dari bahasa kita secara otomatis Google Translate akan menerjemahkan sesuai bahasa yang kita kehendaki, lalu kasih dengar ke penduduk lokal yang kalian inginkan. Lakukan hal yang sama saat mendapatkan jawaban sehingga kamu bisa mengerti.

Sebagai cara menerjemahkan bahasa yang cupuk cerdas. Kok bisa begitu ya? arahkan kamera kamu ke gambar maka Google Translate akan terjemahkan ke bahasa yang kamu harapkan.

Traveloka - Tiket Hotel dan Kereta


Siapa yang tidak kenal aplikasi booking tiket pesawat, membeli tiket kereta api, sampai pesan kamar hotel pun ada. Ya Traveloka sebagai situs travel agent terbesar di Indonesia bisa kamu download dan gunakan untuk mencari promo tiket murah atau harga penginapan murah.
aplikasi wisata berbasis android

Seringnya muncul di media televisi serta komitmen Traveloka yang memberikan harga jujur tanpa tambahan biaya. Rasanya aplikasi ini wajib kamu pakai jika ingin berencana jadi wisatawan lokal atau mancanegara.
Traveloka juga memberikan metode pembayaran dengan banyak cara yang mudah. Seperti metode bayar Traveloka via Indomaret, transfer bank lewat ATM atau e-banking.

Lihat simulasi cara pesan tiket Traveloka lewat laptop atau komputer kamu dengan metode pembayaran via tranfser bank BCA. Kalau ingin berhemat menggunakan kereta api, kalian bisa lihat proses reservasi tiket kereta api dengan contoh bayar di Alfamart.

Google Now Launcher


"Ok Google" sudah tak asing kan dengan iklan di tv yang banyak mendramakan sekelompok anak muda yang suka berwisata. Yup, Google Now Launcher dapat kalian unduh dari Play Store untuk handphone Android ataupun iPhone melalui iTunes.

Hanya dengan mengucap pertanyaan dari lokasi wisata yang menarik sampai tempat kuliner hits di sekitar kamu. Mesin pencari Google akan menyajikan informasi yang akurat sesuai harapan kamu. Dengan demikian Google Now bisa dikategorikan sebagai aplikasi untuk mencari tempat wisata.

Misalnya ingin mencari "tempat wisata seru di Lombok" secara cepat sesuai kecepatan internet kamu Google menampilkan konten video atau artikel terkait. Nih, cara setting Google now!

Instagram


Sebelum kembali pulang dari tempat wisata rasanya kurang lengkap kalau tidak mengabadikan momen indah dalam liburan seru kamu. Nah menurut saya aplikasi Instagram sangat cocok untuk berbagi foto atau video sesuai lokasi wisata kamu.

Akhir-akhir ini Instagram menjadi sangat populer bukan hanya di Indonesia saja melainkan di seluruh dunia. Karena aplikasi share gambar serta video tersebut semakin banyak pengguna, saatnya kamu membagikan momen liburan pada teman-teman biar tambah banyak follower.
Sering kan kita menjumpai akun Instagram membagikan gambar dengan lokasi, jam, dan bahkan suhu. Sekarang kamu juga bisa siaran langsung di Instagram dari lokasi liburan kamu, jadi teman-teman yang lain juga bisa merasakan keseruanya. Coba ikuti! kalau belum punya segera buat akun Instagram lewat hp kalian.

Seperti itulah review 5 aplikasi wisata yang rasanya harus kamu download dan instal di smartphone kamu di saat liburan. Aplikasi mana menurut kalian yang paling berguna sebagai traveller muda Indonesia baik untuk dalam atau luar negeri.