Tata Cara dan Syarat Bikin ATM BCA Pengalaman Pribadi

Jika Anda belum pernah sama sekali terus berencana ingin buat ATM, saya berbagi pengalaman tata cara membuat rekening baru serta syarat bikin ATM BCA itu seperti apa.

Sebaiknya baca ulasan ini dulu agar tidak terlihat seperti pemula sebelum pergi ke bank dari kantor cabang terdekat di tempat tinggal Anda.

Persyaratan buat rekening BCA itu apa aja sih? nah itu salah satu pertanyaan yang tepat selain berapa biaya untuk membuka rekening BCA atau yang biasa disebut sebagai setoran awal.

Dulu saat masih kerja pada salah satu perusahaan di luar kota, syarat untuk menerima bayaran adalah melalui transfer bank BCA. Nah, karena ATM BCA saya yang lama sudah tak terpakai dan mungkin saja sudah mati si boss menyarankan untuk bikin lagi.
Pertanyaan dalam hati "apa bisa ya kan KTP saya bukan dari daerah tempat saya bekerja?" 
Hari berikutnya saya datang ke bank dengan membawa beberapa syarat buat buka rekening BCA, persyaratannya sebagai berikut:

  • Membawa KTP/SIM yang masih berlaku kalau memang ada bawa paspor juga boleh. Saya sarankan bawa ID card lebih dari satu hal ini untuk bukti bahwa nama atau alamat sama.  
  • Surat keterangan kerja dari perusahaan karena KTP saya bukan dari kota yang sama. Jika Anda seorang pendatang atau mahasiswa dengan alamat berbeda dari alamat kantor cabang BCA sebaiknya menyiapkan surat keterangan domisili entah dari kampus / kelurahan daerah setempat.
  • Siapkan juga uang tunai sebesar 500 ribu digunakan untuk setoran awal setelah ATM jadi kita bisa mengambil uang tersebut. Tapi agar tidak limit saran dari petugas bank untuk menarik uang kita harus menunggu 1 hari.

Tata Cara Membuat Rekening BCA Baru



Setelah syarat-syarat diatas siap mari lanjut ke tahap berikutnya untuk cara membuat rekening BCA yang bisa Anda lakukan sendiri.

  1. Langkah yang pertama setelah Anda sampai di kantor cabang BCA segeralah masuk dan menanyakan kepada satpam penjaga "Pak permisi, saya ingin bikin rekening baru"
  2. Biasanya pak satpam akan mengambilkan Anda nomor antrian lalu mengarahkan Anda menuju ruang tunggu yang sebelah mana.
  3. Kemudian duduklah santai untuk menunggu panggilan dari nomor antrian Anda. Jika Ada petugas yang masih magang biasanya kita akan didatangi dengan membawa form pendaftaran untuk membuka rekening baru lalu dia akan menanyakan data diri Anda dan mengisikan, enak kan?
  4. Jika memang tidak ada seperti poin ketiga, bersabar untuk tetap tunggu kemudian disaat nomor antrian Anda dipanggil sesuai nomor customer service (admin / cs bank) segera datang ke mejanya.
  5. Petugas bank akan menanyakan nama dan keperluan Anda. langsung saja lontarkan "sebut nama Anda" lalu "Saya ingin membuka rekening baru dengan produk tahapan BCA"
  6. Dengan begitu petugas bank akan menanyakan KTP atau SIM lalu dia akan menyodorkan secarik kertas yang disebut sebagai formulir daftar akun bank. Isikan semua pertanyaan di dalam lembaran tersebut seperti nama, alamat, kisaran gaji yang diterima dll.
  7. Setelah itu serahkan kembali kertas tadi, Admin bank akan meminta setoran awal uang 500 ribu.
  8. Jika semua dokumen telah lengkap tanpa masalah. Anda disuruh tanda tangan di buku tabungan dan menunggu proses pembuatan ATM jadi.
  9. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan 6 digit nomor PIN sebanyak dua kali dari alat yang telah disediakan. Setelah ATM jadi Anda disuruh tanda tangan lagi di atas kartu ATM tersebut.
  10. Selesai deh. Anda bisa membawa pulang buku rekening serta kartu ATM yang biasanya di taruh dalam amplop.

Sepeti itulah kira-kira sedikit pegalaman pribadi saya saat membuka rekening BCA baru. Ingat jangan segera menarik uang Anda, bila masih belum yakin sebaiknya tanyakan dulu "apa boleh langsung ambil uang setelah ATM jadi atau baru saja di buat?".

Catatan: Untuk membuat PIN sebaiknya jangan menggunakan tanggal lahir karena kan biasanya kita nyimpan kartu ATM dalam dompet. Nah kalau sampai kehilangan bisa saja penemu yang tidak baik membobol ATM dan menguras uang Anda, semoga tidak terjadi.